Pemulihan Lupa Password Akun Mahasiswa

di Spada IKIP Siliwangi

Spada IKIP Siliwangi merupakan platform Learning Management System (LMS) berbasis Moodle yang diterapkan di IKIP Siliwangi. Pengguna mahasiswa dapat login pertama kali dengan menggunakan Nomor Induk Mahasiswa atau NIM. Jika Anda belum pernah melakukan login sekalipun/baru pertama kali mengakses, silakan gunakan NIM sebagai Nama pengguna (username) dan isi kata sandi (password) juga dengan NIM pada laman login Spada IKIP SIliwangi.  

Maka, setelah login pertama,  Anda akan diminta untuk membuat password untuk seterusnya digunakan. Password harus memuat huruf besar dan kecil, angka dan simbol. 


Seperti contoh: !niC()nt0hS4nDi  


Jadi, silakan buat sandi dengan kriteria tersebut, yang mungkin Anda bisa ingat. Catat juga apabila diperlukan. Jika berhasil, Anda dapat menyimak video penggunaan Spada IKIP Siliwangi pada playlist YouTube ini.


Tetapi, jika Anda tidak bisa mengakses Spada IKIP Siliwangi karena lupa kata sandi/password, Anda dapat memulihkannya secara mandiri. Tata cara pemulihan lupa password ini ditujukan untuk pengguna/akun mahasiswa IKIP Siliwangi. Silakan ikuti langkah-langkah berikut: 

Setelah masuk ke laman Spada, Anda akan melihat halaman login. Klik teks/bacaan Lupa kata sandi?

2. Validasi NIM

Setelah masuk ke laman lupa password Spada IKIP Siliwangi, silakan isi kolom Nama pengguna dengan NIM Anda seperti pada gambar contoh di bawah. 

3. Konfirmasi

Anda akan diarahkan ke laman konfirmasi seperti gambar di bawah ini, pastikan NIM yang Anda tulis sebelumnya pada kolom Nama pengguna sudah benar dan tekan Lanjutkan. 

Dalam hal ini, sistem akan mengirim link/tautan untuk mengubah ke email Anda.  Email yang terdaftar di Spada IKIP Siliwangi adalah email yang sama pada saat Anda mendaftar sebagai mahasiswa baru di sistem PMB Online. Jika email tersebut dirasa sudah tidak aktif, maka Anda dapat mengisi form berikut untuk mengajukan perubahan email pemulihan di akun Spada IKIP Siliwangi milik Anda.

Respons maksimal pada pengajuan perubahan tersebut adalah 3-4 hari kerja. Bagian IT IKIP Siliwangi kemudian akan memberitahukan melalui email tersebut apabila akun Anda telah diupdate emailnya. Mohon untuk tidak membalas email tersebut, karena email tersebut dikirim oleh sistem.

Silakan ulangi langkah pertama apabila Anda sudah menerima konfirmasi email.

4. Buka Email Anda

Cek kotak masuk email Anda sesuai penyedia layanan email Anda (Gmail untuk @gmail.com, Yahoo! Mail untuk @yahoo.com/co.id atau Outlook/Hotmail untuk @live.com,  @hotmail.com, @outlook.com)

Jika email Anda benar, maka Anda akan menerima pesan masuk/inbox dengan pesan seperti contoh gambar di bawah. Buka email tersebut.

Anda akan menerima email dari spada@ikispiliwangi.ac.id seperti berikut dan klik tautan reset password tersebut.

Catatan: link akan kedaluwarsa apabila Anda sudah lebih dari 30 menit sejak mengajukan perubahan sandi melalui Lupa kata sandi? Jika sudah tidak bisa digunakan, silakan ulangi langkah pertama.

4. Buat Sandi/Password Baru

Setelah mengeklik tautan tersebut, Anda akan diarahkan ke halaman pembuatan password.  Pastikan Username sesuai dengan NIM Anda. Buatlah password dengan kriteria memuat huruf besar dan kecil, angka dan simbol (Contoh: !niC()nt0hS4nDi). Buat sandi dengan kriteria tersebut yang mungkin Anda bisa ingat. Isikan pada kolom New password (Sandi baru) dan New password (again) dengan isian yang sama. Catat juga apabila diperlukan.

Setelah selesai tekan Save changes.

5. Selesai!

Apabila password baru sudah Anda tetapkan, maka Anda akan diarahkan ke laman mata kuliah seperti gambar di bawah. 

Selamat! Anda dapat menggunakan layanan Sistem Pembelajaran Daring (Spada) IKIP Siliwangi.

Silakan dicoba dari sisi Anda terlebih dahulu, apabila membutuhkan bantuan silakan berkunjung ke:

Bagian Pengembangan IT IKIP Siliwangi

Ruang A24, Gedung A, Lantai 2, Kampus IKIP Siliwangi Cimahi