Prosedur Pemakaian Laboratorium

Pada dasarnya laboratorium dibangun untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di kelas yang bersifat teori. Namun tetap dimungkinkan untuk menggunakan selain keperluan tersebut asalkan sebagai penunjang akademik atmosfer baik untuk mahasiswa maupun dosen.

Praktikum Mata Kuliah 

Sebelum praktikum dilaksanakan, tahap-tahap yang harus dilakukan adalah:

Persiapan

Permintaan ini dilengkapi dengan:

      Jadwal pelaksanaan

      Software yang digunakan

      Jumlah mahasiswa peserta praktikum tersebut

      Jumlah pertemuan praktikum

Pelaksanaan

Pada saat praktikum dilaksanakan, tahap-tahap yang harus dilakukan adalah:

      Membuka ruang Lab dan memastikan bahwa ruangan dalam keadaan bersih.

      Menyalakan AC dan lampu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan Lab.

      Menyiapkan buku pemakaian lab

  Tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman ke dalam ruang laboratorium.

      Menempati kursi/bangku yang tersedia.

      Menyalakan komputer sesuai dengan urutan sbb:

i.        Nyalakan power supply yang terhubung dengan komputer.

ii.  Nyalakan komputer, mouse dan keyboard.

iii. Memilih/membuka software sesuai dengan instruksi dari asisten/instruktur.

iv. Jika ada permasalahan, segera melaporkan pada asisten/teknisi

      Melaksanakan praktikum dengan tertib.

      Setelah praktikum dilaksanakan, praktikan wajib melakukan hal-hal berikut:

i.    Menutup software yang telah digunakan

ii.  Mematikan (shut down) computer

iii. Mematikan mouse dan keyboard

iv. Mematikan power supply

v.  Meninggalkan ruangan dengan tertib

      Setelah semua aktivitas praktikum selesai, dan tidak ada mahasiswa di dalam lab, laboran memastikan bahwa semua komputer dan power supply sudah dimatikan dan mematikan AC.

Pelaksanaan Penelitian dan Tugas Akhir Mahasiswa 

Jika dosen akan melaksanakan penelitian yang dalam pelaksanaannya akan menggunakan sarana prasarana Laboratorium dan melibatkan mahasiswa,  maka tahap-tahap yang harus dilakukan adalah:

a. Jadwal pelaksanaan

b. Software yang digunakan

c. Dosen dan mahasiswa Tugas Akhir yang terlibat dalam penelitian


Pelaksanaan

Pada saat penelitian dilaksanakan, tahap-tahap yang harus dilakukan adalah:

a. Tidak   diperbolehkan   membawa   makanan   dan   minuman   ke dalam

ruang Laboratorium.

b. Menempati kursi/bangku yang tersedia.

c. Menyalakan komputer sesuai dengan urutan sebagai berikut:

i. Nyalakan power supply yang terhubung dengan komputer.

ii. Nyalakan komputer

iii.Memilih/membuka software sesuai dengan instruksi dari asisten/instruktur.

iv. ika ada permasalahan, segera melaporkan pada asisten/teknisi

d. Setelah kegiatan penelitian dilaksanakan, dosen/mahasiswa peneliti wajib melakukan hal-hal berikut:

i. Menutup software yang telah digunakan

ii. Mematikan (shut down) computer

iii. Mematikan mouse dan keyboard

iv. Mematikan power supply

v. Meninggalkan ruangan dengan tertib

Setelah semua aktivitas penelitian selesai dilaksanakan, dosen/mahasiswa diharapkan membuat laporan yang berisi hasil-hasil penelitian (daftar luaran penelitian) yang nantinya akan digunakan sebagai pendukung dokumentasi kegiatan laboratorium.

Pelaksanaan PPM, Workshop atau Pelatihan

Prosedur yang harus dilaksanakan jika tim dosen/mahasiswa   akan menggunakan sarana prasarana Laboratorium untuk PPM, workshop atau pelatihan yang pesertanya berasal dari luar IKIP Siliwangi adalah:

a. Jadwal pelaksanaan

b. Software yang digunakan

c. Dosen/laboran/asisten yang terlibat dalam kegiatan

Daftar peserta kegiatan