Sistem Informasi

Berikut adalah daftar sistem informasi beserta panduannya yang digunakan di IKIP Siliwangi dalam rangka menunjang operasional kampus, aktivitas akademik maupun kegiatan non-akademik.

Sistem Informasi Tridharma

Sistem Informasi Akademik dan Prestasi atau SIKAP merupakan sistem informasi akademik untuk menunjang pendataan mahasiswa, kontrak perkuliahan hingga penilaian. SIKAP dikembangkan oleh Bagian Akademik IKIP Siliwangi dan saat ini dikelola oleh administrator di setiap fakultas.

[↧ Panduan Mahasiswa]
[↧ Panduan Dosen]
[↧ Panduan Administrator]

Sistem Pembelajaran Daring atau Spada merupakan LMS (Learning Management System) berbasis Moodle yang diimplementasikan dalam pembelajaran di IKIP Siliwangi. Spada dikelola oleh Bagian Pengembangan IT dan administrator prodi.

[Panduan Mahasiswa]
[Panduan Dosen]

Penerimaan Mahasiswa Baru Online merupakan portal bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar ke IKIP Siliwangi. Melayani pendaftar baru, pendaftar Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan rekognisi pembelajaran lampau.

[↧ Panduan bagi Calon Pendaftar]
[↧ Panduan Administrator]
[↧ Panduan Administrator Keuangan]

Sistem Informasi Operasional Kampus

SIMKEU

Sistem Informasi Keuangan atau Simkeu merupakan sistem informasi administrasi dalam mengelola aset, akuntansi dan keuangan IKIP Siliwangi.

JAD Online

Sistem Informasi Manajemen Jabatan Akademik Dosen atau SIM JAD Online merupakan sistem informasi untuk menunjang pendataan jabatan fungsional akademik dosen.

Online Public Access Catalog (OPAC) yang dikelola oleh Perpustakaan IKIP Siliwangi

Sistem informasi tridharma dan operasional kampus merupakan sistem internal yang dikembangkan oleh pihak kampus. Apabila Anda membutuhkan bantuan terkait dengan penggunaan sistem informasi internal, Anda dapat menghubungi: bagianit@ikipsiliwangi.ac.id 

Sistem Informasi Eksternal

Sistem informasi eksternal di atas merupakan sistem informasi yang digunakan atau terhubung dengan aktivitas di kampus IKIP Siliwangi. Apabila Anda membutuhkan bantuan terkait dengan penggunaan sistem informasi internal, silakan hubungi kontak bantuan atau help desk masing-masing layanan. 

SISTER

Sistem Informasi Sumberdata Terintegrasi ataus SISTER merupakan sebuah sistem layanan utuk dosen yang terhubung langsung ke KEMDIKBUD melalui LLDIKTI

PDDIKTI

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi atau PDDIKTI adalah aplikasi yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Berfungsi untuk melayani seluruh stakeholder perguruan tinggi yang terintegrasi dengan PDDikti sehingga mendapatkan rujukan informasi perguruan tinggi. 

SIMKATMAWA

Sistem Informasi Kinerja dan Tata Kelola Kemahasiswaan merupakan program pelaporan kinerja tata kelola kemahasiswaan di Perguruan Tinggi. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menyelenggaraan berbagai kegiatan kemahasiswaan pada setiap tahunnya 

Spada Indonesia

SPADA Indonesia dimaksudkan untuk meningkatkan akses belajar mahasiswa diseluruh Indonesia terhadap mata kuliah bermutu dari perguruan tinggi-perguruan tinggi. 

SINTA Kemdikbud

SINTA (Science and Technology Index) merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek. 

SILEMKERMA

Silemkerma merupakan sistem layanan Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi, berfungsi sebagai pusat informasi, komunikasi, dan proses pengusulan yang berkaitan dengan Proses pengusulan pendirian perguruan tinggi dan pembukaan prodi baru semakin dipermudah oleh pemerintah, dalam hal ini Kemenristek Dikti.